Merencakan Liburan Bareng Anak di Lebaran Ini? Empat Hal Ini Layak Jadi Pertimbangan

Jumat, 18 Agustus 2017
img

Bagi para orangtua dan anak-anak, momen libur sekolah dan libur Lebaran menjadi kesempatan bagus untuk menghabiskan waktu bersama keluarga.

Misalnya dengan pelesir ke destinasi wisata, menikmati beragama atraksi, wahana, dan fasilitas yang menyenangkan sekaligus menghibur bersama keluarga.

Selain menawarkan hiburan yang menyenangkan, ada baiknya para orangtua juga memperhatikan hal-hal berikut dalam memilih tempat wisata bagi anak-anak.

1.     Diskusikan dengan Anak

Ajak anak ikut terlibat dalam pemilihan destinasi wisata yang akan dipilih untuk mengisi liburan mereka bersama keluarga. Ini demi mengajarkan kepada anak bahwa pendapatnya sangatlah penting dalam pengambilan keputusan sekaligus mengajarkan anak berpikir logis dan cepat dalam mengambil keputusan.

Meski demikian, orangtua harus tetap terlibat mengarahkan anak dalam menentukan tujuan wisata yang akan dikunjungi. Misalnya, mana tempat wisata yang cocok bagi anak-anak dan mana yang tidak.

Orangtua juga harus memberi penjelasan agar mereka bisa menerima alasan yang diberikan.

Yang tak kalah penting, tempat wisata yang dipilih bisa diterima seluruh anggota keluarga sehingga bisa menyenangkan bagi semuanya.

2.     Sesuaikan budget

Jika budget yang ada tidak mencukupi untuk pergi jalan-jalan ke tempat yang jauh, misalnya ke luar negeri, maka objek wisata di dalam negeri bisa menjadi pilihan liburan Lebaran. Misalnya lokasi liburan di sekitar Jakarta. Yang penting, anak-anak senang dengan aktivitas liburannya.

3.     Tidak berbahaya

Banyak objek wisata yang menawarkan panorama indah dan fasilitas terbaik, namun kurang bersahabat dan berbahaya bagi anak-anak. Agar liburan tidak berakhir dengan bencana, pilihlah tempat wisata yang ramah anak sehingga orangtua tidak perlu was-was sepanjang liburan.

4.     Memiliki nilai edukatif

Nilai edukatif merupakan hal terpenting dalam memilih tempat liburan bagi anak-anak. Itu karena dari tempat tersebut mereka bisa mendapatkan ilmu, pengalaman dan informasi bermanfaat secara menyenangkan.

Di Jakarta, objek wisata bernilai edukatif bisa mudah ditemukan. Satu diantaranya, Ocean Dream Samudra (ODS) Ancol.

Menyambut Lebaran kali ini, ODS menampilkan wahana baru bagi para keluarga untuk menikmat masa liburan. Wahana itu adalah film baru “Yogi Bear New 4D Experience” di wahana Cinema 4D dan wahana baru Sea Lion Exhibit.

Film “Yogi Bear New 4D Experience menceritakan Yogi sang beruang ditemani sahabatnya Boo Boo, ingin menunjukkan bahwa dirinya lebih pintar dibandingkan dengan beruang-beruang lainnya.

Komentar Pembaca