Giant Octopus Pacific: Si Raksasa Cerdas yang Punya Hidup Tragis

Jumat, 18 Agustus 2017
img

Di dunia ini banyak biota laut berukuran besar yang sangat mencenangkan saat dilihat. Rasa mencengkam ini juga semakin bertambah dalam cuplikan film-film yang menggambarkan betapa menakutkan dan besarnya biota-biota tersebut.

Padahal tak semua biota yang menyandang julukan ”giant” atau yang terbesar semenakutkan seperti yang dibayangkan. Giant Pacific Octopus salah satunya.

Menurut situs National Geograpic, biota laut ini bisa mencapai ukuran 3 meter hingga 5 meter dengan berat 10 kg hingga 50 kg.

Di balik ukurannya dan beratnya yang besar. Giant Pacific Octopus memiliki sisi tragis dalam hidupnya.

Dalam waktu empat tahun hidup mereka, baik Giant Octopus Pacific betina atau jantan akan mati setelah menghasilkan keturunan.

Betina jauh hidup lebih lama karena harus menjaga telur-telur mereka. Pada masa ini, biasanya mereka tidak akan makan dalam waktu yang sangat lama dan akan mati setelahnya.

Tapi jangan bersedih, selain sisi tragis, biota laut ini juga memiliki keunggulan bila dibandingkan biota laut lainnya.

Giant Pacific Octopus memiliki intelijensia yang tinggi, bahkan sudah terbukti dari penelitian yang dilakukan oleh para ilmuwan.

Dari hasil penelitian tersebut, terlihat bahwa biota ini terbukti bisa melakukan hal-hal yang menakjubkan seperti membuka toples, menirukan octopus lain, hingga menyelesaikan puzzle-puzzle yang diberikan.

Giant Pacific Octopus juga memiliki hal unik demi bertahan hidup dari buruan pemangsa.

Menggunakan sel pigmen pada kulitnya, biota ini mampu melakukan kamuflase dengan mengubah warna dan tekstur kulit serta dapat berbaur dengan pola yang paling rumit sekalipun seperti coral, tumbuhan laut, dan bebatuan.

Selain Giant Pacific Octopus, ada dua biota laut lain yang menarik untuk diperhatikan. Mereka adalah  Japanese Spider Crab dan Pinecone Fish.

Giant Spider Crab tidak seperti jenis kepiting biasa. Biota laut ini bisa memiliki rentang kaki hingga 3,8 meter alias lebih panjang bila dibandingkan dengan kepiting biasa. Jadi sama seperti Giant Pacific Octopus, biota ini termasuk ‘raksasa’ dalam jenisnya.

Sedangkan Pinecone Fish merupakan ikan berwarna kuning cerah yang tubuhnya ditutupi sirip keras berbentuk piringan berduri dengan garis tepi berwarna hitam.

Memiliki fisik yang unik, ketiga biota laut tersebut bisa dilihat pada salah satu tempat wisata edukasi di Indonesia, yaitu Seaworld Ancol.

Menjadi koleksi terbaru biota laut, di Seaworld Ancol pengunjung secara langsung bisa melihat tingkah laku dan kemampuan Giant Pacific OctopusJapanese Giant Crab, dan Pinecone Fish sehingga dapat menjawab rasa penasaran bagi mereka yang belum pernah melihat biota-biota tersebut.

Komentar Pembaca